Ngopi Cibubur: Jiwan Coffee & Things

Ketika masuk masa PPKM, gue beneran diem aja di rumah. Sebelumnya sempat tipis2 dine in atau ngopi, tapi semenjak masuk varian Delta kita bener2 hati2 dan selalu take out, mulai dari makan, jajan, sampe kopi. Tapi sebenernya ngupi2 dine-in itu kan bukan hanya demi kopinya ya, tapi juga untuk suasana. Setelah cape WFH sambil ngadep tembok kamar doang, gue mulai cari2 tempat buat kerja di luar rumah.

Kriteria gue: yang memenuhi protokol kesehatan, ada ruang terbuka, nggak rame, bisa dipake kerja, dan bisa didatengin pake ojek dari rumah (ini penting banget wakakakkaa). Jadilah sejak Juni gue mulai browsing2 coffee shop di Cibubur. Cari di google aja sih sambil lirik2 kalo kebetulan lewat. Lalu disempatkan sekitar 2-3 minggu sekali nyobain tempat baru.

Ada satu coffee shop di Jl. Leuwinanggung/ Kalimanggis yg sering gue lewatin tapi selama ini gak pernah dicoba. Namanya Jiwan, letaknya di kanan jalan kalau dari Plasa Cibubur. Karena ada yoga studio-nya juga dan sebelum Covid itu rame banget parkirannya, gue pikir fokusnya di yoga dong. Tapi setelah browsing2 instagramnya, jadi tertarik karena lihat ada kolam renangnya di dalam. Udah gitu kesannya teduh banget, cocok buat gue yang dalam keadaan galau (aha!). Akhirnya gue dateng pertama kali sekitar bulan Juni, pake tanya dulu apakah bisa dine in lewat IG sebelom dateng (responsif banget, DM cepet dibales).

Tampilan luar yang rimbun

Kesan pertama masuk Jiwan: rimbun, hijau, Bali vibe. Ada ruang ber-AC dengan 3 meja pas di depan kasir. Yang pasti, baristanya ramah dan ngerti menunya. Barista ramah penting banget ya. As someone of tante2 age, I’m sick of snooty baristas, jadi seneng aja kalo ketemu yang ramah.

Lalu setelah pesan gue dipersilakan untuk lihat2 dulu mau duduk dimana, karena nanti kopi akan diantar ke meja.

Tempat duduk di ruang AC

Tempat duduk di Jiwan ada beberapa section. Pertama, tentu ruang AC ya di depan kasir. Kedua, di luar yg menghadap parkiran/jalan ada beberapa bangku di teras depan kasir, lalu ada ayunan rotan yang jadi favorit yang mau duduk berduaan (uhuyyy). Tapi duduk disini pasti kena berisiknya jalan ya.

Ayunan depan yang jarang kosong

Lalu section ketiga adalah ruang semi-indoor di ruang samping kasir, yang menghadap ke inner courtyard, dan nyambung dengan ruang terbuka di tengah komplek bangunan ini. Deket ke toilet dan gampang kalo mau tambah pesanan. Cuma buat gue yang gak tahan asap rokok, daerah sini masih kurang terbuka.

Dari kasir, keluar menuju courtyard, lalu belok ke jalur setapak menuju kolam

Keempat, area menuju dan depan kolam renang. Ada beberapa meja juga mepet tembok studio yoga.

Jalan menuju kolam renang

Daerah kolam renang tentu menjadi tempat duduk favorit karena pemandangannya dan ukurannya yang cukup luas jadi nggak usah deket2an sama tamu lain. Apalagi di beberapa bagian juga ada colokan, pas banget buat kerja. Kolamnya nggak dipake buat berenang, jadi jangan khawatir ketenangan kerja/ngobrol/bengong terganggu cipratan air.

Gazebo utama pinggir kolam
Gazebo kedua yang mojok

Gue seneng duduk di meja ujung ini karena tinggi mejanya pas buat kerja dan lumayan jauh dari meja lain. Pemandangannya full ya, ke arah kolam, pohon2, sampe mau people watching juga bisa. Bisa sambil menghayal lagi berada di Bali, terus kaget denger suara buah nyemplung ke kolam, hehehehe. Tapi masalahnya duduk di pinggir kolam adalah lalat dan semut yang cepet banget ngerubutin makanan, dan nyamuk yang muncul dari jam 4 sore. Terus, kalo mau mesen makanan juga jauh karena harus jalan ke kasir kalo mau nambah makanan.

Pemandangan dari gazebo pojok. Bali banget kan.
Serasa pengen selonjoran nggak sih?
Pohon gede (gak tau pohon apa) yang suka bikin kaget karena tiap sebentar ada buah jatuh ke kolam

Gue sih bahagia ya ketemu coffee shop yang asri dan zen banget ini, terutama disaat kita semua secara sadar ataupun tidak sedang stress dengan meningkatnya kasus dan kematian karena Covid. Duduk di pinggir kolam Jiwan sambil kerja sedikit mengobati rasa jenuh dan putus asa waktu itu. Gue juga berani ngajak temen ketemuan di Jiwan (pas waktu itu kita sama2 habis tes antigen) dan ngobrol panjang lebar di pinggir kolam.

Bengong di pinggir kolam.

Soal kopinya sendiri, ada kopi susu, latte, capuccino dan teman2nya. Untuk kopi susunya berasa kopi, jadi gue seneng ya karena seringan kopi susu kekinian itu rasanya susu doang. Ada juga single origin dengan berbagai beans Indonesia. Metode seduhnya juga macam2, ya seperti tempat ngopi lainnya. I’m no coffee expert jadi cuma segini doang yang bisa gue komentarin soal kopinya sendiri.

Minuman non-coffee juga banyak, macam mocktail juga ada. Sayangnya gak ada bir, hehehhee… Lalu makanan cemilannya enak2 juga. Harga kopi mulai dari 20rb-an dan makanan 30rb-an deh. Mereka juga punya cakes! Gue udah coba chocolate cake (moist, not too sweet, cukup OK) dan burnt cheesecake (I’m not sure how it supposed to taste tapi gue bisa abisin). Temen gue pernah coba rice bowl dan nachos nya, itu juga enak.

Kalo nggak salah waktu itu mesen kopi Papua dan chocolate cake. Kopinya 35rb kalo gak salah

Jiwan jadi tempat favorit dari beberapa coffee shop dengan outdoor space seputaran Cibubur yang pernah gue coba. Kombinasi antara ambiance, rasa “aman” karena ruang terbuka, pelayanan dan kopinya bikin pengen balik lagi. Rasanya bukan gue doang yang merasa seperti itu karena pelan2 Jiwan kembali ramai. Beberapa kali gue batal mampir karena lihat parkirannya penuh, tapi senang juga berharap kafe ini bisa bertahan lebih lama di kawasan pinggir Cibubur sini. Yaudah datengnya pagian biar bisa dapet meja di ujung kolam renang 😄

Jiwan Coffee & Things

IG: jiwan.coffee

Jl. Kalimanggis 52, Cibubur (jalan sebelum Plasa Cibubur).

Lokasi pas di pinggir jalan, ada parkiran. Ada di sebelah kanan kalo datang dari Plasa/Jl. Alternatif Cibubur.

All photos and video belong to me.

Leave a comment